Cara mudah mengatasi cegukan dengan cepat

Mr. Shinto
0
Cegukan, hampir semua orang pernah mengalaminya. Tidak jarang, kondisi ini terjadi secara tiba-tiba ketika makan terlalu cepat ataupun ketika kekenyangan. Cegukan sendiri adalah kondisi keluarnya suara khas seperti ‘hiks’ yang diakibatkan oleh menutupnya pita suara secara tiba-tiba yang dikarenakan oleh kontraksi pada diafragma.

Penyebab kontraksi diafragma yang mengakibatkan cegukan

Kontraksi yang dialami oleh diafragma dapat disebabkan oleh antara lain minuman bersoda, minuman panas, minuman beralkohol, makanan pedas, rokok, perut kembung, perubahan suhu yang terjadi secara tiba-tiba, terlalu banyak makan, makan terlalu cepat dan menelan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Cegukan dapat dialami oleh setiap orang dan tidak memandang usia, termasuk bayi dapat mengalami kondisi seperti ini. Durasi cegukan bervariasi, namun biasanya hanya berlangsung dalam beberapa menit dan akan berhenti dengan sendirinya. Namun, jika cegukan tidak kunjung berhenti, segeralah lakukan pemeriksaan medis, karena kondisi cegukan terus menerus adalah tanda bahaya.

Cara mengatasi cegukan dengan cepat

Walaupun cegukan biasanya hanya berlangsung beberapa menit, tetapi kondisi ini terkadang sangat mengganggu. Dan berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan dengan cepat.
  1. Perbanyak minum air putih, Air putih dapat menetralkan kondisi pita suara. Minumlah air putih dengan cara membungkuk dengan bibir menyentuh bibir gelas paling jauh dengan kita, hal ini bertujuan agar pita suara terbuka lebar saat dilalui air.
  2. Gula pasir, masukkan 1 sendok teh gula ke lidah dengan posisi kepala mengdongak ke atas, namun gula jangan langsung di telan dan biarkan larut dengan air liur. Atau dapat pula dicampur dengan air minum.
  3. Tahan nafas, jika memang kedua tips diatas mustahil dilakukan dikarena mungkin anda sedang berada dalam sebuah perjalanan, maka untuk mengatasi cegukan dapat dengan cara menahan nafas selama kurang lebih 10 detik, kemudia bernafaslah dengan biasa. Lakukan cara ini dengan berulang-ulang hingga cegukan dirasa sudah hilang
Demikian cara mudah mengatasi cegukan dengan cepat. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam mengatasi cegukan yang anda alami.
Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)