Berbagai manfaat ikan gabus (snakehead)

Ikan gabus (Channa striatq) adalah salah satu jenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan berbagai nama di beberapa daerah, seperti kocolan (betawi), kuthuk (jawa), haruan / aruan (melayu), licingan (Banyumas) dan masih banyak lagi. Dalam bahasa Inggtis pun, ikan ini dikenal dengan berbagai nama seperti snakehead murrel, common snakehead dan lain-lain.
Manfaat Ikan gabus

Ikan gabus dewasa dapat mencapai panjang sekitar 1 meter. Ciri-ciri ikan ini adalah kepala besar dan sedikit gepeng yang menyerupai kepala ular. Terdapat sisik-sisik besar dibagian atas kepala, bentuk tubuh bulat gilig memanjang dengan sirip punggung memanjang dan sirip ekar membuat di ujungnya.

Sisi atas tubuh ikan ini mulai kepala hingga ekor berwarna gelap, sisi bawah berwarna putih. Bermulut besar dengan gigi-gigi yang tajam.

Ikan gabus ini dapat ditemui di rawa-rawa, danau, sungai atau saluran air hingga ke sawah-sawah. Makanan alami ikan ini adalah ikan-ikan kecil, serangga dan berbagai hewan air lainnya termasuk berudu dan katak. Bahkan, terkadang ikan ini muncul dikolam-kolam tempat pemeliharaan ikan akibat terbawa oleh banjir.

Oleh sebab itu, oleh peternak ikan, ikan gabus digolongkan sebagai hama bagi ikan-ikan yang mereka pelihara.

Namun, terlepas ikan ini sebagai hama yg memangsa ikan peliharaan, terdapat banyak manfaat yg dikandung oleh ikan ini.

Manfaat ikan gabus

Dikarenakan maanfaat atau khasiat dari ikan ini, ikan gabus termasuk jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Manfaat ikan gabus antara lain :
  1. Membantu mempercepat penyembuhan luka. Ikan gabus mengandung banyak sekali albumin, dimana ini adalah salah satu jenis protein yg penting bagi tubuh, terlebih untuk proses penyembuhan luka.
  2. Mengurangi populasi keong sawah. Selain sebagai hama bagi peternak ikan, ternyata oleh petani ikan ini kadang sengaja dibiarkan hidup disawah yang sedang digarap. Tujuannya tak lain adalah untuk memangsa keong-keong yg dapat merusak tanaman padi.
  3. Memperbaiki gizi buruk. Dengan mengkonsumsi ikan gabus, dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi, karena dalam 100g ikan gabus, sudah dapat mencukupi kebutuhan gizi.
  4. Membantu mengatasi pembengkakan tubuh. Selain dapat membantu proses penyembuhan luka, kandungan albumin dapat pula membantu mengatasi pembengkakan pada tubuh.
Itulah sekilahs berbagai manfaat ikan gabus. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita.
Judul: Berbagai manfaat ikan gabus (snakehead) ; Ditulis oleh Mr. Shinto; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts:

1 Response to "Berbagai manfaat ikan gabus (snakehead) "

- -