Mengenal kanker payudara

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang menyerang jaringan payudara dan merupakan kanker pada umumnya penyerang kaum wanita. Namun demikian, kaum pria bukan berarti terbebas dari ancama serangan kanker ini, hanya saja kemungkinannya lebih kecil. Dibandingkan dengan kaum wanita, perbandingannya bisa mencapai 1:1000.

Kanker sendiri merupakan suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, yang berakibat sel tersebut akan mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali.

Gejala kanker payudara

Adapun gejala yang timbul akibat kanker payudara antara lain :
  • Munculnya benjolan pada payudara – Umumnya, gejala awal kanker payudara iala munculnya benjolan pada payudara. Benjolan yang muncul mula-mula kecil, namun semakin lama akan membesar lalu melekat pada kulit atau akan terjadi perubahan pada kulit payudara atau puting. Namun, tidak semua benjolan yang muncul pada payudara adalah kanker payudara. Terdapat beberapa perbedaan antara benjolan kanker payudara dan nok kanker.
  • Erosi / Eksema puting susu – Pada penderita kanker payudara, kulit atau puting susu akan tertarik kedalam atau dikenal dengan istilah retraksi. Selain itu kulit atau puting akan berwarna merah muda atau kecoklat-coklatan sampai menjadi oedema yang mengakibatkan kulit kelihatan seperti kulit jeruk (peau d'orange), mengkerut, atau timbul borok (ulkus) pada payudara. Borok yang timbul tersebut semakin lama akan semakin membesar dan dalam sehingga dapat menghancurkan seluruh payudara, munculnya bau dan keluar darah.
  • Keluarnya cairan (Nipple discharge) – Merupakan sebuah gejala keluarnya cairan dari puting susu secara spontan dan tidak normal. Cairan yang keluar disebut normal jika terjadi pada wanita hamil, menyusui atau pemakai pil kontrasepsi. Seorang wanita harus waspada jika dari puting susu keluar cairan encer berwarna merah atau coklat. Cairan tersebut keluar dengan sendirinya tanpa melakukan pijatan pada puting susu dan berlangsung terus menerus dan hanya terjadi pada salah satu payudara (unilateral).
Selain gejala yang timbul diatas, berikut beberapa ciri-ciri lain yang timbul akibat kanker payudara :
  1. Pendarahan pada puting susu
  2. Timbulnya pembesaran kelenjar getah bening di ketiak, bengkak (edema) pada lengan, dan penyebaran kanker ke seluruh tubuh.
  3. Rasa sakit atau nyeri pada umumnya baru timbul apabila tumor sudah besar, sudah timbul borok, atau bila sudah muncul metastase ke tulang-tulang.
Pada kanker payudara lanjut, gejala-gejala akan lebih dikenali dengan mengetahui kriteria operbilitas Heagensen sebagai berikut :
  1. adanya nodul satelit pada kulit payudara
  2. terdapat nodul supraklavikula
  3. terdapat model parasterna
  4. kanker payudara jenis mastitis karsinimatosa
  5. terdapat edema luas pada kulit payudara (lebih 1/3 luas kulit payudara)
  6. adanya edema lengan
  7. serta terdapat dua dari tanda-tanda locally advanced, yaitu ulserasi kulit, edema kulit, kulit terfiksasi pada dinding toraks, kelenjar getah bening aksila berdiameter lebih 2,5 cm, dan kelenjar getah bening aksila melekat satu sama lain
  8. adanya metastase jauh
Judul: Mengenal kanker payudara; Ditulis oleh Mr. Shinto; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts:

0 Response to "Mengenal kanker payudara"

Posting Komentar

- -