Kanker, penyebab dan gejalanya

Mr. Shinto
0
Kanker. penyebab dan gejalanya
Kanker (Neoplasma jahat) adalah salah satu penyakit gangguan / kelainan siklus sel dimana sel tersebut akan memiliki kemampuan untuk tumbuh secara tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normalnya), menyerang jaringan biologis yang berada didekatnya, serta dapat menyebar ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik (metastasis).

Berdasar ketiga sifat ganasnya inilah yang membedakan antara kanker dengan tumor. Meskipun sebagian besar tumor berasal dari kanker, tetapi beberapa kanker tidak akan membentuk tumor, salah satunya adalah leukemia.

Dinegara berkembang, kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian. Oleh karena itu, kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti. Namun demikian, kebanyakan kanker sudah dapat disembuhkan jika mendapatkan perawatan sejak awal.

Klasifikasi kanker sendiri biasanya di rujuk berdasarkan jenis organ atau sel tempat timbulnya kanker. Sebagai contoh kanker payudara dimana kanker ini akan menyerang sel yang terdapat pada payudara.

Penyebab kanker

Banyak sekali penyebab kanker justru dari faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Salah satunya adalah rokok, dimana kegiatan merokok menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainnya.

Selain itu, beberapa faktor penyebab timbulnya kanker antara lain :
  • Faktor keturunan – Dibanding keluarga lainnya, beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi menderita kanker tertentu dibandingkan keluarga lainnya yang disebabkan oleh faktor genetik.
  • Faktor lingkungan – Seperti yang sudah dijelaskan diatas, salah satu faktor penyebab timbulnya kanker adalah faktor lingkungan. Sebagai contoh resiko kanker yang bisa disebabkan dari bahaya rokok bagi kesehatan antara lain kanker paru-paru, kanker mulut, manker laring (pita suara) dan kanker kandung kemih. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik berusaha untuk berhenti merokok. Jika memang masih terasa berat untuk berhenti meroko, carilah beberapa cara sederhana untuk berhenti merokok. Selain rokok, faktor lingkungan lainnya yaitu sinar ultraviolet matahari serta radiasi ionisasi yang digunakan pada sinar rontgen yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir.
  • Makanan berbahan kimia – Bahan kimia yang terdapat pada makanan, merupakan salah satu penyebab resiko kanker, terutama kanker saluran pencernaan. Oleh sebab itu, lebih selektif dalam memilih bahan makanan akan mengurangi/menghindarkan kita dari resiko penyebab kanker.
  • Serangan virus – Beberapa virus yang dicurigai menyebabkan kaner antara lain : Virus Papilloma, Virus Sitomegalo, Virus Hepatitis B, Virus Epstein – Bar, Virus Retro pada manusia misalnya virus HIV yang menyebabkan kanker limfoma dan kanker darah lainnya.
Selain faktor-faktor yang sudah disebutkan, masih ada beberapa faktor lain yang dapat menimbulkan resiko kanker antara lain infeksi bakteri, faktor perilaku yang mengabaikan kesehatan, gangguan keseimbangan hormonal, faktor kejiwaan dan radikal bebas.

Gejala kanker

Beberapa gejala awal yang muncuk yang disebabkan kanker antara lain :
  • Munculnya benjolan – gejala umum kanker adalah tumbuhnya benjolan daging. Benjolan tersebut biasanya dapat ditemukan didaerah payudara, ketiak, leher atau bagian tubuh lainnya. Namun, tidak semua benjolan adalah kanker karena terdapat perbedaan antara benjolan kanker dan non-kanker. Perlu waktu sekitar 3 bulan untuk melakukan observasi sebelum mementukan sebuah benjolan adalah kanker.
  • Sakit yang tidak kunjung sembuh – Beberapa kanker (kanker rahim, kanker paru atau kanker darah) tidak memunculkan benjolan yang dapat dilihat dengan mata. Hal inilah yang menyulitkan proses pemeriksaan dan menentukan apakah pasien menderita kanker atau tidak. Pasien biasanya menderita kesakitan saat benjolan telah membesar dan kesehatan pasien akan terus memburuk.
  • Berat badan turun drastis – Bagi pasien kanker, biasanya berat badan pasien akan mengalami penurunan secara drastis dalam waktu yang singkat tanpa sebab yang pasti.
Credit image from Wikipedia
Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)