Kanker, penyebab dan gejalanya

Kanker. penyebab dan gejalanya
Kanker (Neoplasma jahat) adalah salah satu penyakit gangguan / kelainan siklus sel dimana sel tersebut akan memiliki kemampuan untuk tumbuh secara tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normalnya), menyerang jaringan biologis yang berada didekatnya, serta dapat menyebar ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik (metastasis).

Berdasar ketiga sifat ganasnya inilah yang membedakan antara kanker dengan tumor. Meskipun sebagian besar tumor berasal dari kanker, tetapi beberapa kanker tidak akan membentuk tumor, salah satunya adalah leukemia.

Dinegara berkembang, kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian. Oleh karena itu, kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti. Namun demikian, kebanyakan kanker sudah dapat disembuhkan jika mendapatkan perawatan sejak awal.

Klasifikasi kanker sendiri biasanya di rujuk berdasarkan jenis organ atau sel tempat timbulnya kanker. Sebagai contoh kanker payudara dimana kanker ini akan menyerang sel yang terdapat pada payudara.

Penyebab kanker

Banyak sekali penyebab kanker justru dari faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Salah satunya adalah rokok, dimana kegiatan merokok menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainnya.

Selain itu, beberapa faktor penyebab timbulnya kanker antara lain :
  • Faktor keturunan – Dibanding keluarga lainnya, beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi menderita kanker tertentu dibandingkan keluarga lainnya yang disebabkan oleh faktor genetik.
  • Faktor lingkungan – Seperti yang sudah dijelaskan diatas, salah satu faktor penyebab timbulnya kanker adalah faktor lingkungan. Sebagai contoh resiko kanker yang bisa disebabkan dari bahaya rokok bagi kesehatan antara lain kanker paru-paru, kanker mulut, manker laring (pita suara) dan kanker kandung kemih. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik berusaha untuk berhenti merokok. Jika memang masih terasa berat untuk berhenti meroko, carilah beberapa cara sederhana untuk berhenti merokok. Selain rokok, faktor lingkungan lainnya yaitu sinar ultraviolet matahari serta radiasi ionisasi yang digunakan pada sinar rontgen yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir.
  • Makanan berbahan kimia – Bahan kimia yang terdapat pada makanan, merupakan salah satu penyebab resiko kanker, terutama kanker saluran pencernaan. Oleh sebab itu, lebih selektif dalam memilih bahan makanan akan mengurangi/menghindarkan kita dari resiko penyebab kanker.
  • Serangan virus – Beberapa virus yang dicurigai menyebabkan kaner antara lain : Virus Papilloma, Virus Sitomegalo, Virus Hepatitis B, Virus Epstein – Bar, Virus Retro pada manusia misalnya virus HIV yang menyebabkan kanker limfoma dan kanker darah lainnya.
Selain faktor-faktor yang sudah disebutkan, masih ada beberapa faktor lain yang dapat menimbulkan resiko kanker antara lain infeksi bakteri, faktor perilaku yang mengabaikan kesehatan, gangguan keseimbangan hormonal, faktor kejiwaan dan radikal bebas.

Gejala kanker

Beberapa gejala awal yang muncuk yang disebabkan kanker antara lain :
  • Munculnya benjolan – gejala umum kanker adalah tumbuhnya benjolan daging. Benjolan tersebut biasanya dapat ditemukan didaerah payudara, ketiak, leher atau bagian tubuh lainnya. Namun, tidak semua benjolan adalah kanker karena terdapat perbedaan antara benjolan kanker dan non-kanker. Perlu waktu sekitar 3 bulan untuk melakukan observasi sebelum mementukan sebuah benjolan adalah kanker.
  • Sakit yang tidak kunjung sembuh – Beberapa kanker (kanker rahim, kanker paru atau kanker darah) tidak memunculkan benjolan yang dapat dilihat dengan mata. Hal inilah yang menyulitkan proses pemeriksaan dan menentukan apakah pasien menderita kanker atau tidak. Pasien biasanya menderita kesakitan saat benjolan telah membesar dan kesehatan pasien akan terus memburuk.
  • Berat badan turun drastis – Bagi pasien kanker, biasanya berat badan pasien akan mengalami penurunan secara drastis dalam waktu yang singkat tanpa sebab yang pasti.
Credit image from Wikipedia
Judul: Kanker, penyebab dan gejalanya; Ditulis oleh Mr. Shinto; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts:

1 Response to "Kanker, penyebab dan gejalanya"

  1. Klinik Apollo ialah Klinik Spesialis Kulit dan Kelamin ( Klinik Andrologi & Ginekologi ). Klinik Apollo merupakan Klinik berstandar Internasional terbaik di Jakarta Indonesia. Selain mempunyai alat-alat medis terbaik, teranyar & canggih, klinik Apollo juga memiliki Dokter Spesialis di sektor Kesehatan Kulit dan Kelamin yang berasal dari Indonesia & bekerja sama dengan berbagai rumah sakit & klinik internasional. Untuk biaya klinik Apollo, pembayaran tergantung pada kebutuhan dan penanganan yang diperlukan pasien. Klinik Apollo memiliki tarif yang terbilang cukup terjangkau oleh semua kalangan jika dibandingkan dengan penyedia layanan kesehatan lainnya.

    Pengobatan penyakit laki-laki seperti; Impotensi ( lemah syahwat), prostat, infeksi saluran kemih, ejakulasi dini/impoten, siskumsisis/khitan ,terapi kelamin, Infeksi prostat (prostatitis), kista prostat, prostatitis (radang prostat), hyperlasia kelenjar prostat, hipertropi prostat, Sexually transmitted diseases (STDs), phthirus pubis, chlamydia (klamidia), kakroid (Ulkus molle), Lymphogranuloma LGV, kondiloma akuminata (jengger ayam), non-gonococcal urethritis (NGU), trikomoniasis, sifilis atau Penyakit raja singa, HIV/aids, herpes genital, gonore (Kencing nanah), disfungsi ereksi, hambatan orgasme, ejakulasi retrograde, keengganan seksual (sexual aversion disorder), spermatorrhea, hipogonadisme,sakit ejakulasi, dyspareunia,priapismus, hambatan orgasme. Pengobatan penyakit perempuan seperti; peradangan ginekologi, pms perempuan, oligomenorrhea / keputihan / pek tay, erosi serviks, perbaikan selaput dara, operasi ginekologi, bartolinitis,endometriosis, menstruasi tak rutin, perdarahan uterus disfungsional (DUB), mioma uteri, kista leher rahim dll bisa anda dapatkan di klinik Apollo. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis klinik Apollo.
    Wartadokter
    klinikkesehatan
    kesehatankelamin

    BalasHapus

- -