Tips sederhana berhenti merokok

Mr. Shinto
2
Tips sederhana berhenti merokok - Kita semua tau apa saja kandungan yang terdapat dalam sebatang rokok dan bagaimana  bahaya rokok bagi kesehatan. Namun sayangnya, masih banyak saja para perokok yang tidak menghiraukan akan hal tersebut meskipun telah perpampang jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh rokok pada bungkusnya. Sampai-sampai mereka membuat (menurut saya) semboyan "merokok atau tidak akhirnya mati juga".
rokok dan bagaimana

Mendengar semboyan tersebut, saya teringat akan seseorang bernama Robby Indra Wahyuda. Beliau adalah salah satu aktifis penggiat anti rokok. Apa yang special dari dia? Saya yakin sobat sekalian sudah pasti tau atau mungkin jika ada sobat yang belum tau, sedikit cerita tentang Robby Indra Wahyuda.

Robby adalah seorang pria berasal dari samarinda berusia 27 tahun yang memiliki sebuah lobang dilehernya. Ya, lobang pada leher. Karena lobang tersebut, Robby harus kehilangan pita suara dan jakunnya. Lalu, apa penyebabnya?

Penyebab hilangnya pita suara dan jakun milik Robby tidak lain adalah karena kanker pita suara atau disebut juga kanker larynx stadium 3 yang dideritanya. Ya, Robby menderita penyakit kanker larynx stadium 3 yang disebabkan oleh rokok.

Sebelum menjadi aktifis penggiat anti roko, Robby merupakan perokok aktif yang menurut keterangannya, dia mulai merokok sejak kelas 6 SD. Dan puncaknya beberapa tahun yang lalu, Robby didiagnosa menderita kanker Larynx dan harus rela pita suaranya diangkat. Dan untuk berbicara, robby harus menggunakan sebuah alat yang ditempelkan pada lehernya.

Mungkin karena “hidup adalah sebuah pilihan” dan juga mungkin berkaca pada pepatah “Hidup dapat menjatuhkan, tapi kita bisa memilih untuk tetap terpuruk atau bangkit”, Robby tidak pernah menyerah melawan penyakitnya. Hingga pada hari Selasa tagl 23 Juni 2015, Robby menghembuskan nafas terakhirnya dengan tenang.

Itulah sepenggal kisah Robby Indra Wahyuda yang sebelum meninggalnya, dia sempat membuat petisi di change.org/dukungFCTC untuk mendorong pemerintah agar melakukan regulasi yang bertanggung jawab terhadap industri rokok.

Kisah-kisah Robby bisa dilihat pada akun facebook miliknya dimana pada beranda akunnya kita dapat membaca semua cerita tentang kisah dirinya, keluarganya, ayah dan ibunya.

Oleh karena itu, saya ingin mengajak kepada sobat-sobat yang masih menjadi perokok aktif, untuk berhenti merokok, minimal mengurangi. Dan kali ini, saya akan mencoba berbagi tips sederhana berhenti merokok.

Tips sederhana berhenti merokok

Perlu diketahui, dulu saya juga seorang perokok aktif dan sejak tahun 2010 saya memutuskan untuk berhenti merokok. Alasan saya untuk berhenti merokok antara lain adalah :
  1. Menurut saya, saya telah menghambur-hamburkan uang dengan cara "Membakar uang" melalui rokok.
  2. Faktor kesehatan, karena saya tahu banyak penyakit mematikan yang disebabkan oleh rokok.
  3. Keluarga, saya tidak ingin mengorbankan keluarga yang menjadi perokok pasif hanya demi kebiasaan saya merokok.
Bagi sobat-sobat yang berniat untuk mengurangi atau bahkan berhenti merokok, saya akan mencoba berbagi tips sederhana cara berhenti merokok yang pernah saya lakukan.
  • Niat yang kuat, langkah awal untuk mulai berhenti merokok adalah niat. Dengan niat yang kuat, saya yakin kita semua dapat melakukan apa yang kita inginkan. Dan jangan lupa untuk mempublikasikan niat dan keputusan untuk berhenti merokok tersebut baik kepada teman-teman dan keluarga. Dapatkan dukungan dari orang-orang terdekat agar mereka selalu mengingatkan tentang target sobat untuk berhenti merokok. Dan juga hal terpenting, mintalah kepada mereka untuk sedapat mungkin tidak merokok didepan sobat dan tidak meninggalkan rokok disekitar sobat.
  • Tunda dan meperlambat keinginan merokok. Jika pada point pertama sobat sudah berusaha menahan, namun masih saja muncul keinginan merokok, maka berusahalah untuk memperlambat keinginan merokok tersebut. Caranya adalah ketika kita ingin merokok, anda harus mencoba berbicara pada diri sendiri untuk nanti saja merokoknya 10 menit kemudian. Setelah itu carilah aktifitas lain yg dapat alihkan perhatian dari segala sesuatu yang mengandung rokok.
  • Perbanyak minum air putih. Seperti kita ketahui salah satu manfaat air putih bagi kesehatan adalah mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui urine. Dengan memperbanyak minum air putih saat menjalani program berhenti merokok, diharapkan dapat mengeluarkan racun rokok yang ada pada tubuh seperti nikotin dan tar.
  • Rutin olah raga untuk mengalihkan dorongan keinginan merokok muncul. Lakukan olah raga ringan minimal 30 menit seperti jogging, jalan-jalan, bersepeda, membersihkan halaman rumah atau kegiatan fisik lainnya.
  • Mencoba mengendalikan alam bawah sadar (hipnotis). Hipnotis ayng dimaksud bukan berarti sobat harus pergi ke praktisi hipnoterapy, melainkan dengan menuliskan beberapa pada selembar kertas dan menempelkannya di tempat yang mudah kita lihat. Tulislah kata seperti "stop rokok" atau "berhenti merokok".
  • Buat jadwal, hal ini penting untuk mentolerir "pelanggaran". Buatlah jadwal yang tidak teralu ketat dan terlalu pendek durasinya, dimana sobat memiliki keinginan yang kuat untuk merokok dan jangan kecewa jika sobat tidak berhasil melakukannya dalam tiga hari pertama. Teruslah berusaha. Sangat Sedikit orang yang berhasil pada percobaan pertama mereka.
  • Permen karet, bagi sobat yang memang pecandu berat rokok, dapat menggunakan permen karet. Cukup dengan makan permen karet saat keinginan merokok muncul. Hal ini sudah saya buktikan benar-benar berhasil mengurangi hinggak membuat saya berhenti merokok.
Setelah membaca beberapa tips sederhana berhenti merokok diatas, diharapkan dapat membantu sobat sekalian yang sangat ingin berhenti merokok dan dapat pula semakin banyak mengajak mereka para perokok yang sampai saat ini masih belum mau berhenti untuk berhenti merokok.

Dengan berhenti merokok, kita sudah menjaga keuangan kita agar tidak "terbakar" secara sia-sia dan yang lebih penting, dapat menjaga kesehatan tubuh baik kesehatan tubuh kita sendiri maupun orang-orang yang berada disekitar kita dan tentunya dengan berhenti merokok, kita juga telah ikut perpartisipasi dalam mengurangi polusi udara akibat asap rokok.

"Matikan rokok anda sekarang, sebelum rokok mematikan anda dan orang disekitar anda"
Tags:

Posting Komentar

2Komentar

  1. Sulit berhenti..biasanya tekadnya kurang kuat nebekan dorongan keinginan diri utk merokok..krn habis makan. Ada teman atau stres..jika ini bisa lepas pasti ..semua bisa berhenti....

    BalasHapus
  2. Super sekali, sangat bermanfaat.
    ini dia tips jitu berhenti merokok, simak ulasannya DISINI

    BalasHapus
Posting Komentar