Apakah saya programer?

Mr. Shinto
2
Apakah saya programmer? – "Mengetik" merupakan istilah yang saya gunakan ketika saya sedang menuliskan beberapa baris kode melalui keypad laptop jadul yang saya miliki. Kegiatan tersebut rutin saya lakukan tiap malam baik saat saya sedang mengerjakan sebuah project ataupun hanya sekedar belajar untuk lebih memperdalam pengetahuan yang saya miliki tentang kode pemrograman.

Apakah saya programer? Ya, pertanyaan tersebut sering sekali muncul didalam benak saya disaat saya sedang "mengetik". Pertanyaan yang (mungkin) akan terus menjadi sebuah pertanyaan yang tidak pernah bisa saya jawab.

Programmer sendiri dapat didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki kemampuan dan keahlian untuk membuat dan menyempurnakan suatu program. Definisi program sendiri dalam dunia IT dapat diartikan sebagai serangkaian instruksi dalam kode yang mengontrol operasi dari sebuah computer.

Lalu, apakah yang saya lakukan selama ini yang saya sebut "mengetik" sudah dapat membuat saya memiliki status sebagai seorang programmer?

Sebenarnya apa saja yang saya lakukan saat "mengetik"? ya, saya menuliskan baris demi baris kode. Namun, baris-baris kode tersebut tidak murni dari buah pemikiran saya. Jika di tulis dalam persentase, baris kode yang saya tulis, hanya sekitar 5% (bahkan bisa jadi kurang) yang terlahir dari buah pemikiran saya. Sisanya, lebih banyak saya dapatkan melalui searching dan googling di dunia maya.

Jadi, mungkin lebih tepatnya yang saya lakukan dalam "mengetik" adalah mencari kode-kode yang bertebaran di internet yang kemudian akan saya tambah atau kurangi agar kode tersebut dapat berjalan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan saya. Jadi, kode yang selama ini saya buat bukanlah murni lahir dari buah pemikiran saya sendiri.

Lalu, apakah dengan demikian, saya sudah bisa di sebut seorang programmer? Entahlah, saya sendiri juga tidak yakin apakah saya seorang programmer dengan kemampuan yang hanya pas-pasan. Apa yang saya "ketik", kebanyakan comot sana comot sini dengan label free melalui internet. Dan, apakah sobat juga melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan?

Dan akhirnya, dengan semua yang telah saya lakukan, apakah saya programmer?

Posting Komentar

2Komentar

  1. Anda benar . . sayapun selalu berfikir demikian . . saya selalu berfikir apakah saya seorang programmer atau hanya seseorang yang sekedar merubah baris code orang lain agar bisa berjalan semau kita . . hahahha . . memang membingungkan . .

    BalasHapus
  2. Haha lucu sekali mas. Tidak ada inti dari artikel ini hnya sebuah pendiskripsian judul "apakah saya seorang programer" yang berakhir tanpa sebuah kesimpulan

    BalasHapus
Posting Komentar