Apa itu JQuery?

apa itu jquery

Apa itu JQuery – Pernahkah sobat melihat tampilan website dengan animasi-animasi seperti dropdown menu, accordion dan masih banyak lagi? Dan pernahkan sobat berfikir bagaimana cara membuat atau dengan apa membuatnya? Dalam beberapa website, animasi-animasi tersebut terkadang dibuat menggukan Flash Player, tetapi tidak sedikit pula hal-hal tersebut dibuat dengan menggunakan JQuery.

Setelah dalam postingan beberapa hari yang lalu kita sudah belajar mengenal Codeigniter, sekarang kita coba untuk mengenal apa itu JQuery? Secara singkat, JQuery dapat diartikan sebagai pustaka javascript. Mengapa disebut demikian? Itu dikarenakan isi dari file JQuery merupakan kumpulan library javascript yang berfungsi untuk mempermudah proses pengolahan dokumen HTML, seperti mengubah konten, penanganan event, membuat animasi, menyiapkan user interface, dan lain sebagainya.

JQuery tetaplah javascript, namun dengan cara penulisan yang lebih mudah dan dapat dikembangkan secara fleksibel dengan adanya plugin. Selain itu, sobat juga dapat membuat plugin JQuery sendiri sesuai kebutuhan.

Untuk lebih mengenal apa itu JQuery, sobat bisa melihat langsung demo JQuery pada halaman depan dari situs resmi JQuery.

Apa saja kelebihan JQuery? Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan JQuery :
  • Bersifat Open Source, yang berarti sobat dapat melihat dan merubah source code dari JQuery jika memang dibutuhkan.
  • Membuat penulisan javascript menjadi lebih sederhana.
  • Kompatible dengan beragam browser
  • Mengenali dan dapat memanipulasi selector css
  • Tersedia banyak plugin dengan beragam fungsi untuk memperluas kemampuan JQuery. Dan tentunya, plugin-plugin tersebut dapat diunduh melalui internet secara gratis. Dan jika sobat membutuhkan plugin yang sesuai dengan keinginan dankebutuhan sobat, sobat bisa membuatnya sendiri.
  • Menjaga markup HTML tetap rapi
  • Komunitas pengguna dan developer yang luas, memudahkan kita untuk belajar lebih tentang JQuery.
Dimanakah bisa mendapatkan JQuery? Untuk mendapatkan file JQuery, sobat bisa mengunduhnya melalui website resmi JQuery dan saat tulisan ini saya posting, versi stable dari JQuery sudah pada versi 1.11.2

Setelah mengunduh JQuery, lalu bagaimana cara menggunakannya pada website? Untuk menggunakan atau menyisipkan JQuery pada halaman webite, sobat bisa menyisipkan kode dibawah ini diantara tag<head>...</head>


<head>

<script type="text/javascript" src="jquery-1.11.2.js"></script> 

</head> 

Ket : pada script diatas, lokasi JQuery ditentukan pada src="jquery-1.11.2.js". bagian tersebut dapat diubah sesuai dengan lokasi file JQuery diletakkan.

Selain menggunakan cara diatas, ada cara lain untuk menyisipkan JQuery kedalam website sobat, yaitu dengan menggunakan JQuery CDN atau Google CDN. CDN (Content Delivery Network) adalah jaringan server computer yang menyediakan akses konten umum pada seluruh user diseluruh dunia. Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Sobat cukup merubah lokasi file JQuery yang akan diload. Perhatikan contoh script dibawah ini.

Google CDN

<head>

<script type="text/javascript" src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.11.2/jquery.min.js"></script> 

</head>

JQuery CDN

<head>

<script type="text/javascript" src="http://code.jquery.com/jquery-1.11.2.min.js"></script> 

</head>

Dengan mengenal apa itu JQuery, diharapkan kita semua dapat lebih berkreasi untuk lebih mempercantik tampilan website yang sedang dibuat. Dan nantinya, saya juga akan mencoba share beberapa trik ataupun cara-cara penggunaan JQuery.
Judul: Apa itu JQuery?; Ditulis oleh Mr. Shinto; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts:

1 Response to "Apa itu JQuery?"

  1. jadi tau apa itu jquery makasih mas..
    silahkan kunjungi web saya komputerpartner makasih

    BalasHapus

- -