Belajar codeigniter untuk pemula

Belajar codeigniter untuk pemula – Sebagai sesama pemula di bidang Codeigniter, tentunya sangat penting bagi kita untuk tahu darimana harus memulai belajar menggunakan Codeigniter sebagai platform dalam pembuatan aplikasi berbasis web. Dimana mendapatkan codeigniter, bagaimana cara menggunakannya dan bahkan bagaimana cara menggunakan fungsi-fungsi yang terdapat pada codeigniter.

Setelah kita mengenal Codeigniter melalui posting sebelumnya, kini saya mencoba untuk berbagai bagaimana cara mendapatkannya dan cara penggunaannya. Sebelumnya, disini saya mengasumsikan bahwa sobat semua sudah terbiasa menggunakan aplikasi server lokal seperti Xampp atau Wampp. Dan disini, aplikasi server lokal yang saya gunakan adalah Xampp versi 1.7.4 dengan versi PHP 5.3.10 dan MySql versi 5.5.8

Setelah persiapan awal beres, lets go untuk lanjut belajar codeigniter untuk pemula. Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu file-file codeigniter nya yang bisa didownload melalui website resminya disini. Saat tulisan ini dibuat, versi stable terbaru dari codeigniter adalah versi 2.x sedangkan versi 3.x masih dalam versi Release Candidat. Dan versi codeigniter yang saya gunakan saat tulisan ini dibuat adalah codeigniter versi 2.2

Ok, jika sudah selesai proses downloadnya, silahkan buat folder didalam folder htdocs, kemudian extract semua file codeigniter yang baru saja didownload ke dalam folder yang sudah sobat buat tadi. Jika sudah, saatnya untuk mengetahui apakah codeiginter kita sudah dapat berjalan atau tidak melalui browser andalan sobat.

Buka browser yang sobat miliki, kemudian pada kolom address bar tulis url tempat dimana tadi sobat meletakkan file-file codeigniter. Cara penulisannya : http://localhost/[nama_folder_yang_dibuat]. [nama_folder_yang_dibuat] merupakan folder baru yang sobat buat sebelumnya didalam folder htdocs. Perhatikan gambar dibawah ini.


Jika halaman browser menampilkan tulisan "Welcome to Codeigniter!" seperti gambar dibawah ini, berarti selamat, sobat sudah berhasil untuk melakukan instalasi codeigniter.


Karena topic kali ini adalah belajar codeigniter untuk pemula, saya rasa cukup sampai disini dulu yach. Dan untuk tutorial-tutorial codeigniter lainnya seperti melakukan koneksi dengan database ataupun cara menggunakan fungsi-fungsi dari codeigniter akan coba saya share dikemudian hari.
Judul: Belajar codeigniter untuk pemula ; Ditulis oleh Mr. Shinto; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts:

1 Response to "Belajar codeigniter untuk pemula "

  1. Terimakasih kak Artikelnya sangat membantu saya kak.. Semoga bermanfaat untuk yang lain juga kak

    BalasHapus

- -