Bagaimana membuat artikel bahasa inggris?

Mr. Shinto
0

Tidak dipunkiri lagi bahwa klik iklan dari negara USA sangatlah tinggi jika dibandingkan dengan nilai klik dari Indonesia. Hal ini yang membuat beberapa blogger lokal berusaha menembus visitor dari negara tersebut dengan cara membuat artikel berbahasa Inggris. Tapi sayangnya, tidak semua blogger memiliki kemampuan menulis artikel dalam bahasa inggris. lalu, bagaimana membuat artikel bahasa inggris bagi yang tidak menguasai bahasa inggris secara baik sepeti saya ini? Berikut akan sedikit saya share cara saya membuat artikel bahasa inggris untuk blog bahasa inggris saya.

Mengapa membuat artikel bahasa Inggris?

Memang sudah bukan rahasia lagi jika nilai klik dari negara USA itu lebih tinggi daripada Indonesia. Hal tersebutlah yang menjadi alasan para blogger untuk bersaing mencari trafik dari negara tersebut. Dari beberapa pengalaman yang saya tau, selisih nilai klik antara negara Indonesia dengan USA sangatlah jauh. Bayangkan, untuk 1 klik dari negara Indonesia blogger hanya mendapatkan (mungkin) paling tingga sebesar $1, tetapi jika dari negara USA bisa mendapatkan lebih dari $3.

Lalu, bagaimana untuk blogger yang kurang atau tidak memiliki kemampuan bahasa inggris? solusinya adalah kursus bahasa atau yang lebih simpel lagi dengan cara beli artikel. Untuk artikel bahasa Inggris, rata-rata di bandrol dengan harga antara 17.000 hingga 50.000 tergantung dengan jumlah kata didalam artikel tersebut.

Tapi kalau harus beli, artinya harus ngeluarkan modal dong yang tidak sedikit untuk membangun sebuah blog dengan banyak artikel? yupz, betul banget. Segala sesuatu memang perlu modal, baik modal tenaga ataupun modal uang. Tapi tenang, jika memang tidak memiliki modal lebih untuk membangun sebuah blog, mungkin trik dari saya ini bisa digunakan cukup dengan bantuan AI.

Oh, pakai AI ya. Tapi apakah artikel yang dihasilkan bisa unik dan SEO Friendly? Jujur, saya bukan seorang ahli dalam hal SEO. Saya masih membutuhkan sebuah tools yang membantu saya untuk melakukan pengecekan artikel yang saya buat dengan AI tersebut sudah SEO Friendly atau belu. Dan kalau soal artikel tersebut unik atau tidak, saya sudah melakukan cek menggunakan beberapa tools plagiarisme dan hasilnya aman, artikel yang dihasilnya termasuk unik.

Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat artikel bahasa Inggris?

Beberapa tools yang saya gunakan untuk membuat artikel bahasa Inggris antara lain :

  1. Chat GPT sebagai tools membuat artikel
  2. Keyword planner tools untuk melakukan riset keyword. Saya biasa menggunakan semrush, ubersugest, atau google keyword planner.
  3. Google translate untuk melakukan pengecekan artikel yang sudah dihasilkan oleh AI
  4. All In One SEO Pack dari Wordpress, tools ini optional aja sih.
Langkan-langkah membuat artikel

Pertama-tama lakukan riset keyword terlebih dahulu, bisa menggunakan semrush, ubersugest ataupun google keyword planner. Untuk detail bagaimana cara melakukan riset keyword, mungkin bisa googling sendiri karena saya memang tidak begitu jago dengan hal ini 😂😂

Jika sudah mendapatkan keyword yang di incar, langkah selanjutnya adalah membuat artikel menggunakan tools AI seperti chat GPT. Silahkan masuk ke akun chat GPT kemudian masukkan prompt untuk membuat artikel sesuai keyword yang sudah didapatkan tadi. Oh ya, untuk prompt yang biasa saya gunakan adalah :

Tulislah sebuah artikel SEO sebanyak [….] kata dengan keyword [keyword]. Berikan wawasan mendalam, statistik terbaru, dan contoh. Gaya bahasa yang digunakan harus profesional dan informatif


Prompt di atas hanya sebaai contoh saja, silahkan berimprofisasi ya. 

Untuk langkah selanjutnya adalah translate hasil artikel dari chat GPT menggunakan google translate untuk melakukan transalate ke bahasa Indonesia. Tujuannya adalah untuk melakukan pemeriksaan apakah hasil transalate artikel tersebut bisa dibaca oleh manusia dan lakukan koreksi pada artikel agar terbaca lebih natural lagi. Jika sudah, maka silahkan translate kembali menjadi bahasa inggris. Ribet ya? banget.... 😂😂😂😂

Nah, langkah selanjutnya adalah periksa apakah artikel sudah menggunakan aturan SEO atau belum. Caranya adalah menggunakan tools All In One Seo Pack yang terdapat pada Wordpress, atau jika menggunakan blogspot bisa di lakukan pengecekan manual. Beberapa poin yang perlu di perhatikan antara lain :

  • Judul artikel harus mengandung keyword
  • Alinea pertama harus mengandung keyword
  • Jumlah kata pada artikel minimal 300 kata, lebih banyak lebih baik
  • Artikel harus memiliki sub heading h2 atau h3 yang mengandung keyword
  • Jumlah penulisan keyword pada artikel sebanyak 5% dari total kata pada artikel
  • Meta deskripsi artikel harus mengandung keyword
  • Terdapat internal dan outbond link pada artikel
  • Artikel harus dilengkapi dengan gambar yang relevan
Itulah beberapa poin yang saya ambil dari All in One SEO pack milik WP sebagai panduan membuat artikel yang lebih SEO friendly. Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan, maka saatnya untuk melakukan post artikel pada blog. Untuk contoh blog bahasa Inggris yang saya bangun menggunakan trik di atas bisa di cek pada link ini.

Demikianlah trik saya dalam membuat artikel bahasa Inggris. Silahkan jika ingin mencoba juga, kalau tidak juga tidak apa karena saya sadar cara saya tersebut terlalu ribet 😂😂😂

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)