Modus penipuan mengatasnamakan operator seluler

Mr. Shinto
0
Percobaan tindakan penipuan kian hari kian marak seiring perkembangan teknologi. Berbagai cara dilakukan oleh pelaku agar untuk mengelabui calon korban, bahkan sampai mengaku sebagai customer service dari salah satu layanan operator seluler. Seperti yang saya alami (Alhamdulillah saya tidak sampai menjadi korban) beberapa hari yang lalu hingga 2 kali.

Awalnya ada panggilan masuk ke handphone saya dengan nomor tidak dikenali. Ketika saya terima, suara di dari penelepon memperkenalkan diri bahwa dia dari layanan 4G Telkomsel dan menanyakan tentang kepuasan saya untuk layanan 4G.

Pada pembicaraan berikutnya, dia memberitahukan bahwa no kartu prabayar milik saya mendapatkan mega bonus gratis pemakaian selama beberapa bulan dan untuk mengaktifkan mega bonus ini, saya diminta untuk menyebutkan 4 digit kode yang sudah dikirimkan melalui SMS (perhatikan gambar).


Memang benar, tidak kurang dari 30 detik ada sms masuk ke no hp saya yang isinya adalah 4 digit kode. Tetapi didalam sms tersebut juga sudah jelas tertulis bahwa pihak Telkomsel tidak pernah meminta 4 digit kode tersebut, dan kode itu bersifat rahasia.

Karena dari awal saya sudah curiga, maka saya tidak bersedia untuk memberikan 4 digit kode tersebut. Namun si penipu rupanya tidak menyerah dan terus menerus menyuruh dan meyakinkan saya bahwa dia tidak akan merugikan saya.

Entah sudah berapa menit usaha si penipu meyakinkan saya agar saya mau memberitahukan 4 digit kode tersebut yang pasti, saya tetap tidak mau memberitahukannya. Bahkan, saya membacakan isi dari SMS yang saya terima lengkap, namun tanpa menyebutan 4 digit kode.

Apa tujuan menipu mengatas namakan operator seluler?

Sebenarnya, untuk apa sech 4 digit kode yang diinginkan si calon penipu? Bagi anda pengguna smartphone dan layanan pascabayar seperti saya, 4 digit kode tersebut adalah kode verifikasi yang akan dikirimkan ke no ponsel pascabayar kita ketika kita login kedalam aplikasi operator yang ada pada smartphone menggunakan jaringan selain jaringan dari no pascabayar kita.

Dengan kata lain, si penipu berusaha login ke aplikasi tersebut menggunakan no ponsel pascabayaran kita melalui jaringan no ponsel mereka. Kenapa? Didalam aplikasi tersebut terdapat menu pembelian paket / pulsa. Jadi bisa dibayangkan, jika mereka bisa masuk kedalam aplikasi tersebut, bisa jadi mereka akan membeli berbagai macam paket, namun kita nanti yang akan membayar tagihannya.

Sebagai bukti, berikut ini adalah potongan percakapan saya dengan pelaku penipuan yang berhasil saya rekam.

Perbedaan customer service operator seluler dengan penipu

Perlu diketahui, salah satu cara mudah membedakan apakah si penelepon adalah dari operator seluler atau bukan bisa dilihat dari no panggilannya. No panggilan operator seluler biasanya hanya menggunakan 3 digit angka. Tapi jika memang panggilan masuk tersebut menggunakan no telp seluler seperti pada umumnya, bisa di pastikan bahwa itu adalah cobaan penipuan (perhatikan gambar).



Jadi, untuk seluruh pengguna layanan prabayar ataupun pascabayar operator seluler, jika memang ada telpon masuk mengatas namakan operator seluler dan meminta kode atau apapun dengan iming-iming hadiah ataupun menang undia, jangan langsung percaya dan jangan langsung memberikan apa yang diminta oleh si penelepon.
Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)