Manfaat air putih bagi kesehatan

Manfaat air putih bagi kesehatan
Manfaat air putih – Kita semua tahu bahwa tubuh manusia membutuhkan air kurang lebih 2/3 atau sekitar 60% - 70% dari berat tubuh manusia dan sekitar 90% organ tubuh manusia membutuhkan air untuk menjaga agar organ tubuh tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Manfaat air putih bagi kesehatan adalah untuk membantu tubuh dalam proses pencernaan, penyerapan, transportasi nutrisi, sirkulasi, mengeluarkan zat sisa metabolisme, produksi air ludah, dan mempertahankan suhu pada tubuh.

Beberapa manfaat air putih antara lain :
  • Memperlancar system pencernaan
    Saat melakukan proses pencernaan, air dapat membantu dalam proses penyerapan nutrisi yang juga berfungsi untuk membentu massa kotoran.
  • Mencegah penyakit jantung
    Menurut American Journal of Epidemiology, orang yang terbiasa minum air putih lebih dari 5 gelas setiap harinya, 14% mengalami penurunan resiko penyakit jantung.
  • Mengeluarkan racun didalam tubuh
    Racun yang terdapat didalam tubuh, akan dikeluarkan melalui urine maupun keringat jika kita mengkonsumsi air putih sesuai yang dibutuhkan setiap harinya.
  • Mencegah batu Ginjal
    Garam yang masuk ke dalam tubuh dapat mengakibatkan timbulnya batu ginja, dan menurut teori, garam larut dalam air. Oleh sebab itu, dengan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, dapat melarutkan garam yang menumpuk didalam ginjal dan mengeluarkannya melalui urine (air seni).
  • Memperlancar BAB (Buang Air Besar)
    bagi mereka yang sedang menderita susah BAB atau sembelit, sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih untuk membantu melancarkan BAB.
  • Mengurangi resiko kanker
    Meberapa studi menyebutkan, dengan mengkonsumsi air putih sesuai kebutuhan, dapat mengurangi resiko kanker, terlebih kanker pada organ pencernaan seperti kanker kandung kemih dan juga kanker usus besar. Hal tersebut dikarenakan air putih dapat meleburkan konsentrasi gen penyebab kanker dalam urin dan juga dapat memperpendek umur virus di dalam hubungan dengan lapisan kandung kemih.
Pada tubuh orang dewasa, mengeluarkan sekitar 2,5 – 3 liter cairan per hari dari tubuhnya. Jumlah tersebut dapat bertambah saat kondisi cuaca yang sangat panas atau saat melakukan olah raga. Cairan yang keluar tersebut jika tidak digantikan akan berakibat pada gangguan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa gejala yang diakibatkan oleh kekurangan cairan didalam tubuh.

  1. Dehidrasi
    Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang tidak cukup dalam mendapatkan cairan. Kondisi tersebut dapat diakibatkan karena mengkonsumsi air selama olah raga ataupun saat kerja berat. Dapat pula diakibatkan oleh faktor lain seperti usia (penuaan). Proses penuaan yang normal cenderung akan menyebabkan penurunan rasa haus, sehingga mengakibatkan beberapa masalah yang berhubungan dengan dehidrasi. Beberapa gejala yang muncul karena dehidrasi antara lain adalah kehilangan nafsu makan, lemas, cemas, pusing dan kulit kering. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan cara minum air yang cukup.
  2. Masalah pencernaan
    Seperti yang sudah saya tulis diatas, salah satu manfaat air putih adalah untuk membantu proses penyerapan nutrisi saat proses pencernaan berlangsung. Selain itu, saluran pencernaan manusia adalah system yang sangat kompleks, dimana saat proses pencernaan berlangsung, semua membutuhkan air. Lapisan dinding perut terdiri dari 98% air, dan mengandung bikarbonat untuk melindunginya terhadap asam lambung. Lapisan ini harus selalu tebal setiap saat untuk mencegah masalah perut. Air membantu mempertahankan ketebalan lapisan lambung . Tidak minum cukup air maka lapisan ini akan menipis, dan menimbulkan kerusakan.
  3. Tekanan darah tinggi
    Menutupnya beberapa pembuluh kapiler yang disebabkan oleh kurang nya asupan air dalam tubuh, dapat berakibat pada pembatasan pergarakan darah yang mana pembatasan ini akan menghasilkan tekanan darah tinggi, karena jantung akan berusaha lebih keras lagi untuk mempompa darah.
  4. Mempengaruhi kondisi kulit
    Kurangnya kadar air dalam tubuh dapat mengakibatkan penurunan kondisi kulit, di mana resistensi dan fungsi enzim tidak bekerja optimal , sehingga struktur lapisan kulit luar akan memburuk dan menyebabkan kulit kering dan kasar.
  5. Ginjal
    Ginjal merupakan organ penting system kemih yang berfungsi untuk menyaring racun didalam darah karena metabolism dan menyalurkan kembali darah yang sudah bersih keseluruh tubuh. Karena fungsi ginjal yang sebagai filter, maka jika kurang asupan air akan berakibat pada menumpuknya sisa kotoran pada ginjal, yang berakbiat fungsi ginjal sebagai filter akan terganggu karena sisa kotoran tersebut akan menumpuk dan tidak dapat dibuang melalui system kemih.


Karena pentingnya manfaat air putih bagi kesehatan, maka dari itu jangan tunggu haus untuk minum air putih, atau bahkan lebih parahnya lagi tidak segera minum saat terasa haus. Salah satu gejala yang menandakan tubuh kekurangan asupan air dapat dilihat pada warna keruh air urin (air seni). Semakin keruhanya warna air urin, itu menandakan tubuh sudah banyak sekali kehilangan cairan yang harus segera digantikan dengan cara perbanyak minum air putih.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi air putih, diantaranya adalah :
  • Jangan minum sambil berdiri
    Ketika kita minum air sambil duduk, minuman yang masuk ke dalam tubuh akan disaring dahulu oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang anda minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi bila kita minum sambil berdiri. Air yang diminum sambil berdiri akan langsung masuk kedalam tubuh tanpa disaring lagi.
  • Jangan minum air sebelum tidur
    Banyak yang beranggapan bahwa minum air sebelum tidur baik untuk kesehatan. Namun yang sebenarnya terjadi adalah, air putih yang diminum sebelum tidur dapat tercampur dengan asam lambung yang bisa saja masuk ketenggorokan dan terhisap oleh paru-paru.
  • Hindari minum sambil makan
    Sebaiknya hindari minum air putih saat makan. Hal tersebut dapat membuat pencernaan tidak berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan pada saat makanan masuk ke lambung, lambung secara otomatis akan mengeluarkan cairan pencerna. Nah, jika anda minum saat makan, maka air itu akan bercampur dengan cairan pencerna tersebut sehingga menyebabkan pencernaan anda berjalan tidak lancar.
  • Usia renta
    Saat usia seseorang telah memasuki 30 atau 40 tahun keatas, maka ginjal akan mengalami penurunan fungsi. Oleh sebab itu, pada usia tersebut, hindari minum air yang berlebihan karena ginjal tidak dapat bekerja secara maksimal ketika usia masih muda.
  • Gangguan Ginjal
    Bagi penderita disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi air. Hal ini dikarena fungsi pada ginjal yang sudah bermasalah akan sulit bekerja dengan baik, seperti melakukan penyerapan dan pengeluaran cairan. Sehingga cairan tersebut akan tertimbun didalam tubuh, dan itu malah akan berpengaruh buruk pada ginjal dan memperparah gangguan pada ginjal.
Jadi, dapat disimpulkan bagaimana pentingnya manfaat air putih bagi kesehatan tubuh kita. Dan sedikit berbagi cerita, ada seorang teman saya yang saat ini harus rutin melakukan cuci darah dikarena dia mengalami gagal ginjal. Berdasarkan info yang saya dapatkan dari dia, hal tersebut dikarenakan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi obat-obatan herbal. Meskipun dia juga mengimbangi dengan banyak minum air putih, namun menurut dokter yang menangani, ada sedikit kesalahan dalam prakteknya.

Minum air dengan volume besar sekaligus dan dalam posisi berdiri, membuat fungsi ginjalnya terganggu. Sebelumnya, karena cara minum yang salah tersebut yang mengakibatkan gangguan ginjal, berakibat pula pada pembengkakan jantung. Dan kini, ginjal nya sudah benar-benar tidak berfungsi yang mengakibatkan dia harus menjalani cuci darah minimal 1 bulan sekali.

Jadi, mari kita sayangi ginjal kita dan jaga kesehatan dengan membiasakan diri untuk memenuhi kebutuhan air oleh tubuh.Dan untuk teman saya, tetap semangat dan yakin pasti kau mampu dan bisa melawan....
Judul: Manfaat air putih bagi kesehatan; Ditulis oleh Mr. Shinto; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts:

0 Response to "Manfaat air putih bagi kesehatan"

Posting Komentar

- -