[HOAX] Tips Jika dirampok di ATM

Tindak kejahatan semakin merajalela. Baik secara sembunyi-sembunyi ataupun terang-terangan. Para pelaku pun juga tidak segan-segan untuk melukai korbannya. Begitu juga bagi para nasabah bank yang ingin melakukan transaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tidak luput dari incaran para pelaku kejahatan baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Salah satu kejahatan yang memakan korban para pengguna ATM di dunia maya adalah munculnya berita tentang Tips Jika dirampok di ATM.

Belakangan ini banyak sekali beredar status yang ditulis oleh sebuah akun facebook dengan nama RESMOB POLRI yang berisi tentang apa yang harus dilakukan jika kita menjadi korban perampokan saat melakukan transaksi di ATM. Dan parahnya lagi, status tersebut dibagikan lebih dari ribuan kalo oleh para pengguna facebook lainnya tanpa mencari kebenaran terlebih dahulu mengenai informasi tersebut.

Baca juga : Modus penipuan pinjam uang melalui akun facebook

Didalam kiriman tersebut, jelas tertulis "JIKA ANDA DIRAMPOK DI ATM – lakukan hal berikut : Saat PERAMPOK menodong anda dalam ATM dan memaksa anda mengambil uang di ATM, JANGAN MELAWAN karena anda tidak tau apa yang akan dilakukan pada anda. Yang harus anda lakukan adalah memasukkan PIN dengan TERBALIK. Misal PIN anda 123456, masukkanlah 654321. Bila anda memasukkan PIN dengan terbalik, uang akan KELUAR, namun terjepit setengahnya dan akan membunyikan Alrm pada pusat kendali sehingga petugas keamanan dan POLISI akan segera datang tanpa disadari oleh perampok. Setiap mesin ATM memiliki kemampuan ini untuk menanggulangi kriminalitas semacam ini. BAGIKAN DENGAN TEMAN ANDA DAN SEMOGA BERMANFAAT". (lihat gambar)

Ok, sekarang coba kita bahas tentang kiriman tersebut. Diawal-awal saya sangat setuju dengan saran "JANGAN MELAWAN". Tapi bagi yang sekiranya punya pengalaman tentang beladiri dan bisa mengatasi situasi, why not?. Namun, bagi yang tidak memiliki pengalaman bela diri, mungkin memang lebih baik untuk tidak melawan karena memang kita tidak tau apa yang akan diperbuat oleh perampok kepada kita. Lagi pula, saat ini semua mesin ATM sudah ada CCTV untuk memantau semua aktifitas yang terjadi di dalam ATM. Dan juga, kebanyakan ATM berapa di lokasi yang ramai orang, opsi yang bisa di pilih mungkin berteriak agar menarik perhatian orang-orang sekitar.

Kemudia pada kiriman tentang tips jika di rampok di ATM tersebut tertulis, "yang harus anda lakukan adalah memasukkan PIN dengan TERBALIK". Coba perhatikan kalimat tersebut, apakah ada yang aneh? Bagi saya kalimat tersebut sangatlah aneh. Kenapa? Bukankah kita tau, kita mempunyai 3 kali kesempatan untuk memasukkan PIN ATM. Jika lebih dari itu, dari pengalaman saya kartu ATM otomatis akan terblokir dan untuk melakukan unblokir tersebut kita harus mengurusnya di bank penerbit kartu ATM. Jadi, jika saat memasukkan PIN atm kita melakukan kesalahan, jatah 3 kali masukkan pin tersebut akan berkurang.

Lalu apakah yang akan terjadi jika kita memasukkan PIN ATM secara terbalik? Apakah alarm di pusat kendali akan berbunyi dan apakah pula petugas keamanan dan kepolisian akan segera datang? Harusnya pertanyaan ini sudah bisa kita jawab sendiri berdasarkan penjelasan diatas. Jadi, dengan kita memasukkan PIN dengan cara terbalik, bukan uang yang terjepit setengah dan petugas keamanan yang datang. Namun kita sudah salah dalam memasukkan PIN ATM. Dan kerana itu, jatah kita untuk mamasukkan PIN sebanyak 3 kali akan berkurang. Jika kita masih tetap memaksakan memasukkan PIN secara terbalik sampai 3 kali, maka siap-siap saja untuk membuka unblokir ke bank penerbit kartu ATM anda.

Jadi kesimpulannya, berita tentang tips jika dirampok ai ATM yang menyebar melalui media sosial tersebut adalah HOAX, dan jangan sekali-kali memasukkan PIN ATM anda secara terbalik jika tidak ingin kartu ATM anda terblokir.
Judul: [HOAX] Tips Jika dirampok di ATM; Ditulis oleh Mr. Shinto; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts:

1 Response to "[HOAX] Tips Jika dirampok di ATM"

- -