Penipuan dengan modus pencurian akun BBM

Penipuan dengan modus pencurian akun BBM – Perkembangan aplikasi Blacberry Messanger (BBM) yang kini telah dapat digunakan untuk lintas platform ternyata tidak luput dari incaran para pelaku tindak kriminal untuk melakukan aksinya.

Baru-baru ini, sebuah aksi penipuan dengan cara mencuri akun BBM seseorang baru saja saya alami. Tepat nya pada pada Jum’at lalu (24 April 2015), salah satu akun BBM milik temen saya melakukan broadcast ping. Saya yang awalnya tidak merasa curiga sama sekali, lantas menjawab ping dari teman saya tersebut. Balasan pun saya kirim yang kemudian dilanjut teman saya kembali membalas.

Disini sudah mulai ada yang aneh dimana teman saya menanyakan posisi saya ada dimana. Sebenarnya tidak terlalu aneh saat teman saya menanyakan posisi saya dimana, secara saya dan teman saya bekerja di suatu perusahaan yang sama dan sama-sama sebagai orang lapangan. Tapi bukan itu yang menurut saya aneh. Teman saya yang biasanya menggunakan bahasa Jawa (karena memang saya dan teman dari jawa) ada saat itu menggunakan bahasa Indonesia.

Saat awal-awal, saya masih merasa wajar aja walau sedikit heran. Sejurus kemudian, melalui akun BBM, teman saya minta tolong untuk dibelikan pulsa sebesar Rp 100.000. Disini saya mulai merasa aneh. Alasannya, kami sama-sama orang lapangan, dan menurut saya sesame pekerja lapangan, tidak sulit untuk mencari penjual pulsa. Namun saya berpikir "ah, mungkin dia sedang tidak bawa uang, atau mungkin uangnya ketinggalan sedangkan dia mungkin benar-benar butuh pulsa sebesar nominal yang dikatakan kepada saya".

Akhirnya saya bersedia untuk membantu tapi tidak bisa sebesar nominal yang dia inginkan. Dan tanpa piker-pikir lagi, dia meng-iyakan bantuan saya untuk membelikan pulsa Rp 20.000 dan memberikan no HP yang ingin diisi pulsa nya. Nah, disini saya benar-benar merasa aneh karena no HP yang dia kirim ke saya bukanlah no HP milik teman saya, melainkan no 085246880322. Perhatikan gambar dibawah dimana gambar tersebut merupakan screenshot dari BBM teman saya.



Akhirnya, merasa aneh saya langsung hubungi teman saya via HP dan menanyakan apakan dia telah mengirim BBM dan minta dibelikan pulsa. Namun anehnya, teman saya malah menyangkal dan tidak merasa mengirim BBM dan meminta pulsa kepada saya. Akhirnya saya meminta teman saya untuk memeriksa BBM miliknya dan ternyata BBM miliknya telah "Signin melalui perangkat lain"

Disinilah saya sadar saya hampir saja menjadi korban penipuan. Akhirnya saya coba melakukan komunikasi dengan orang yang telah mencuri akun BBM teman saya tersebut. Dimana didalam komunikasi tersebut dia sempat mengancam saya akan meretas akun BBM milik saya. Dia mengatakan, dengan saya membalas BBM yang dia kirim, dia sudah mendapatkan alamat email akun BBM milik saya.

Sebenarnya saya sudah tidak percaya dengan yang dia katakana. Perkiraan saya, dia adalah anak ingusan yang baru belajar fake login dan coba-coba untuk melakukan pencurian akun BBM melalui fake login miliknya.

Setelah beberapa menit, akhirnya si pelaku melakukan BC lagi yang ternyata sesuai perkiraan saya. Dia mengirimkan BC yang berisi teknik social engineering yang disertai oleh link yang menuju ke sebuah halaman website. Setelah saya coba mengunjungi link yang dia berikan, ternyata memang link tersebut mengarah kepada halaman fake login BBM dimana jika kita langsung melakukan login, maka secara otomatis kita telah menyerahkan data akun BBM kepada pelaku/pemilik fake login dan saat tulisan ini saya buat, fake login tersebut masih aktif. Perhatikan gambar dibawah ini.



Sebenarnya apa sih fake login? Fake login merupakan sebuah halaman website dimana pada halaman tersebut terdapat form untuk login, namun jika kita melakukan login, kita tidak akan login ke halaman yang diinginkan, melainkan diarahkan kesebuah halaman yang sudah diatur oleh pemilik fake login.

Jadi untuk para pengguna BBM, harap lebih berhati-hati dalam menerina BC ataupun BBM yang berisi link yang menuju ke sebuah halaman tertentu. Jangan tergiur dengan kata-kata yang ada di BBM tersebut dan jika sudah masuk ke haaman website melalui link yang dikirimkan, jangan langsung melakukan login. Namun jika sudah melakukan login, segeralah untuk merubah password akun BBM agar akun tidak dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Judul: Penipuan dengan modus pencurian akun BBM; Ditulis oleh Mr. Shinto; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts:

5 Responses to "Penipuan dengan modus pencurian akun BBM"

  1. nice info !

    salam..
    Teman saya mengalami kejadian serupa mas. Mungkin ada dua akun dalam kontak bbm saya sudah jadi korban fake login. informasi mengenai phising dan fake login ini harus cepat kita sebarluaskan untuk menghindari korban berikutnya..

    :)

    BalasHapus
  2. , wah bener banget mas
    , Meresahkan banget
    , Bikin gregeten
    , Saya juga udah kena pulsa 100rb

    BalasHapus
  3. ini penipu baru
    nama: robby setyawan

    HP?:0853-7891-8109
    pin bb: D2112F3A

    BalasHapus
  4. ini penipu baru
    nama: robby setyawan

    HP?:0853-7891-8109
    pin bb: D2112F3A

    BalasHapus

- -