5 tips sahur sehat

Di bulan Ramadhan ini perlu bagi kita mengetahui tips sahur sehat. Makan sebelum terbitnya fajar atau yang lebih kita kenal dengan sebutan sahur menjadi tradisi atau kebiasaaan pada Bulan Ramadhan. Hukumnya memang sunah, akan tetapi makan sahur sangat dianjurkan. Hal itu dilakukan agar puasa berjalan dengan lancar.

tips sahur sehat
Karena jika kita berpuasa namun tidak makan sahur terlebih dahulu, akibatnya tubuh kita akan mengalami lemah bahkan sakit. Sahur dimaksudkan untuk menjaga agar tubuh kita tetap fit saat menjalankan puasa seharian penuh, mengingat tubuh kita sudah mendapat asupan makanan yang cukup. Inilah alasan kenapa kita harus tahu tips sahur sehat bagi tubuh kita.

Nah agar puasa kita pun menjadi bertambah sehat, sebaiknya kita perhatikan juga asupan makanan yang tepat saat bersantap sahur.

Lima tips untuk sahur sehat.

  1. Kelompok makanan pokok.
    Makanan sahur haruslah kompleks. Kaya dengan karbohidrat dan juga serat. Saat anda bersantap sahur cobalah makanan yang kaya dengan serat seperti Roti, gandum, sereal tinggi serat, nasi, buah-buahan dan sayuran. Makanan-makanan yang mengandung serat dan karbohidrat akan membuat anda kenyang untuk jangka waktu yang cukup lama. Selain itu, coba konsumsi juga makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging, ikan, susu, telur atau yogurt saat anda sahur. Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga dapat membantu anda tetap kenyang untuk waktu yang lama saat anda harus bergerak cepat.
  2. Minumlah banyak air putih.
    Tidak ada yang menyangkal bahwa anda harus meminum air putih sebanyak mungkin saat sahur. Hal itu dimaksudkan agar saat berpuasa, kita terhindar dari dehidrasi atau kehabisan cairan tubuh. Selain itu, anda juga dianjurkan minum air putih saat berbuka dan sebelum tidur, sehingga tubuh anda mampu menghindari dehidrasi di hari berikutnya.
  3. Konsumsi kurma
    Baginda Rosululloh SAW bersabda, “Sebaik-baiknya makanan sahur bagi seorang mukmin adalah kurma.” (HR. Ibnu Hibban). Memang, kurma merupakan sumber energi yang baik untuk disantap saat sahur. Mengingat dalam buah tersebut memiliki kandungan yang juga komplit seperti, karbohidrat, gula, serat, kalium dan magnesium. Jadi, jika anda memiliki budget untuk membeli buah yang satu ini, tidak ada salahnya anda beli dan mengkonsumsinya saat sahur atau berbuka.
  4. Hindari godaan
    Saat anda sahur, usahakan menghindari makanan yang mungkin tidak bermanfaat selama anda berpuasa. Misalnya makanan pedas dan berlemak. Karena makanan tersebut hanya akan membuat anda haus dan sakit perut. Jika anda pun pecandu kopi, usahakan hindari meminumnya saat anda bersantap sahur. Mengingat minuman berkafein dapat memicu tubuh kehilangan air.
  5. Prioritaskan kenyamanan
    Cobalah menyiapkan makanan di malam sebelum sebelumnya dan hanya memanaskan di saat anda akan bersantap sahur. Hal tersebut akan membuat anda praktis dan tidak ribet saat menyiapkan santap sahur.

Karena tujuan puasa itu juga sehat.

Melihat dasar puasa yang tidak hanya menciptakan jiwa yang bertaqwa, tetapi juga jiwa yang sehat, sebaiknya anda ikuti aturan yang ada dan hindari segala sesuatu yang dapat membahayakan tubuh. Selamat berpuasa.

Itulah beberapa tips sahur sehat yang bisa kita coba. Semoga bermanfaat.
Judul: 5 tips sahur sehat; Ditulis oleh Mr. Shinto; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts:

0 Response to "5 tips sahur sehat"

Posting Komentar

- -