Manfaat Minum Madu

Manfaat minum madu bagi kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi. Selain untuk kesehatan, manfaat juga dapat dipergunakan untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Madu adalah cairan yang dihasilkan oleh lebah atau serangga lainnya yang berasal dari nektar bunga. Bentuknya menyerupai sirup, namun lebih kental dan berasa sangat manis.

manfaat minum madu
Meskipun memiliki rasa yang manis seperti gula, tetapi madu memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan gula. Selain itu senyawa-senyawa lain yang terkandung didalamnya antara lain: protein, asam amino, enzim, asam-asam organik, mineral, tepung sari bunga, sukrosa, maltosa, melezitosa dan oligosakarida lainnya termasuk dekstrin. Tingkat keasaman (PH) yang terkandung berkisar dari 3.2 sampai 4.5 dimana kondisi asam ini dapat mencegah tumbuhnya bakteri merugikan.

Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup lama. Dari dulu manusia telah menggunakan madu untuk campuran makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah

MANFAAT MINUM MADU SEBELUM TIDUR DAN PAGI HARI

Berbagai manfaat minum madu sebelum tidur dan pagi hari setiap hari, dapat membantu menjaga stamina dan mencegah kita dari beberapa serangan penyakit. Berikut ini beberapa khasiat minum madu, antara lain :
  1. Menjaga kesehatan Tubuh. Dengan mengkonsumsi sebelum tidur, dapat menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Hal tersebut karena kandungan senyawa yang dimiliki oleh madu sangat berguna bagi kesehatan tubuh.
  2. Dapat mengontrol gula darah. Berbeda dengan gula, kandungan glukosa dan fruktosa rupanya dapat menjaga gula darah dan kolestrol tetap rendah.
  3. Kulit akan tampak bersih. Bagi yang sering mengkonsumsi madu, kulit tubuh akan tambah lebih bersih dan terawat. Selain itu, dengan cara mengkonsumsi secara teratur dapat pula menghilangkan bau tubuh yang tidak sedap.
  4. Mencegah sakit jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan sudah banyak merenggut nyawa penderita. Kandungan anti oksidan dan flavonoid didalam madu, dapat membantu mencegah resiko sakit jantung.
  5. Meningkatkan sistem imun. Berdasarkan penelitian, madu organik dipercaya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh yang impresif dan berguna untuk menghilangkan bakteri jahat. Mineral , vitamin, dan juga segelas air madu organik penuh dengan enzim akan melindungi kita dari bakteri yang menjijikan.
  6. Mengurangi berat badan. Bagi anda yang sedang melaksanakan program diet, dapat membantu mengurangi berat badan. Meskipun memiliki rasa yang manis, namun tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk seperti rasa manis pada coklat ataupun gula. Rasa manis madu dapat membantu memuaskan keinginan untuk makan makanan yang manis-manis seperti coklat, gula, minuman bersoda, kue dan permen.
  7. Mengurangi gas dalam tubuh. Rasa penuh diperut tentunya akan mengakibatkan rasa yang kurang nyaman. Dengan menyeduh madu dicampur dengan segelas air hangat, dapat membantu menetralisir gas dalam sistem tubuh.
Selain manfaat-manfaat yang sudah dituliskan diatas, masih benyak sekali manfaat jika kita rutin minum madu untuk kesehatan dan pengobatan. Antara lain :
  • Mengurangi gejala alergi dan asma
  • Sebagai obat batuk dan radang tenggorokan
  • Memelihara kondisi rambut
  • Mengatasi imsonia
  • Sebagai bumbu masakan
  • Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah
  • Untuk mempertajam penglihatan, dapat dicampurkan kedalam jus wortel
  • Dapat untuk melawan radikal bebas
Karena begitu banyaknya manfaatnya, sampai-sampai tidak sedikit orang yang ingin meraup keuntungan dari madu, baik itu menggunakan cara jujur ataupun tidak jujur. Sekarang ini, banyak sekali tersebar madu tidak murni alias palsu yang sulit dikenali. Oleh karena itu, sebelum membeli ada baiknya untuk mencari referensi sebanyak-banyaknya bagaimana mengenali yang asli.

Bagi anda yang ingin membeli, berikut ini ada tips agar tidak salah membeli yang palsu. Pertama, jika memang bisa belilah langsung dari petani lebah. Dengan cara ini, dapat meminimalkan resiko tertipu madu palsu. selain itu, yang asli juga dapat dikenali melalui semut. Seperti sebuah pribahasa, ada gula pasti ada semut, berbeda hal nya dengan madu. Jika memang asli tanpa campuran apapun, maka semut biasanya tidak akan mau untuk memakannya.
Namun sebagaimana yang kita tahu, sesuatu kebaikan jika memang berlebihan tentunya terdapat efek negatifnya. Beberapa efek yang akan timbul jika mengkonsumsi madu secara berlebihan antara lain adalah masalah pada lambung seperti diare, kram perut dan juga kembung. Efek samping tersebut merupakan efek samping sementara atau efek samping jangka pendek.

Sedangkan efek samping jangka panjang antara lain adalah timbulnya masalah pada pencernaan seperti terganggunya kemampuan usus dalam menyerap beberapa nutrisi atau ketidak pekaan insulin yang dapat berakibat jumlah gula dalam darah akan meningkat drastis.

Setelah mengetahui berbagai khasiat minum madu sebelum tidur dan pagi hari, semoga dapat memotivasi kita untuk memiliki pola hidup yang lebih sehat lagi dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Dan juga dapat menambah wawasan kita tentang seberapa pentingnya kesehatan.
Judul: Manfaat Minum Madu; Ditulis oleh Mr. Shinto; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Minum Madu"

Posting Komentar

- -