Solusi periksa pada KWH meter listrik prabayar

Solusi pesan periksa pada kwh meter
Listrik prabayar atau sering juga di sebut listrik pintar adalah salah satu inovasi terkini dari PLN yang lebih menjanjikan kemudahan, kebebasan dan kenyaman bagi pelanggan. Namun demikian, listrik prabayar bukan tidak pernah timbul masalah. Salah satunya adalah muncul pesan "periksa" pada layar meter listrik. Lalu, bagaimana solusi "periksan" pada layar kwh meter listrik prabayar?

Mungkin kejadian yang pernah saya alami, pernah juga dialami oleh beberapa pengguna listrik pintar ini dimana pada layar meter listrik muncul pesan periksa dan kondisi listrik tidak menyala. Tentu saja bikin sebal bukan, apalagi jika kejadian ini terjadi pada saat tengah malam. Lalu, apa yang harus di lakukan? Sebelum kita membahas bagaimana mengatasi pesan periksa yang muncul pada layar KWH, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu penyebab munculnya pesan tersebut.

Penyebab pesan "periksa" pada KWH meter

Setelah mencoba mencari info tentang solusi "periksa" pada layar meter kwh, ada beberapa penyebab munculnya pesan tersebut, yaitu :
  1. Pemasangan ground yang kurang teliti dan hati-hati pada KWH prabayar. Pemasangan grounding setelah KWH prabayar, akan menyebabkan munculnya pesan "periksa" pada layar.
  2. Penggunaan kabel yang memiliki diameter kurang dari 1,5mm
  3. Tanya atau pastikan bahwa tombol temper di KWH sudah benar-benar terpasang dengan baik dan pas. Hal ini dikarenakan jika tombol temper bergeser sedikit saja atau terdapat getaran agak besar yang mengakibatkan tombol bergeser, maka hal ini bisa menyebabkan munculnya pesan "periksa". Tombol ini sebenarnya dimaksudkan untuk menjaga agar cover tutup KWH tidak dibuka secara sengaja oleh orang lain selain petugas PLN.
  4. Pastikan sambungan-sambungan instalasi didalam rumah tidak ada yang longgar
  5. Tegangan kurang stabil dari PLN
Jika memang permasalahan tersebut muncul, jangan sekali-kali mengutak-atik alat meter kwh, karena hal itu akan sia-sia. Langkah awal yang harus dilakukan adalah menghubungi pihak PLN melalui no 123 melalui telepon rumah. Tapi lebih disarankan langsung datang ke kantor PLN jika memang lokasinya tidak terlalu jauh.

Setelah kita membuat laporan gangguan, kita akan di tanya ID meter. Dan berdasarkan pengalaman pribadi, tidak perlu menunggu waktu lama (sekitar 5 menit) nanti kita akan diberi kode Clear Temper (CT) token yang fungsinya adalah untuk meter prabayar jika tutup terminal meter dibuka.

Perlu diketahui, kode CT ini berbeda untuk tiap-tiap ID meter dan kode CT ini hanya bisa digunakan sekali. Jika dikemudian hari mengalami masalah yang sama, kita harus menghubungi petugas PLN atau datang kembali ke kantor PLN untuk mendapatkan kode CT terbaru. Dan pastinya, tidak dikenakan biaya sepeserpun untuk mendapatkan kode tersebut.

Setelah mendapatkan kode tersebut, segera masukkan layaknya memasukkan kode token saat pengisian pulsa listrik. Pastikan meter dalam posisi off ketika memasukkan kode CT. Dan setelah memasukkan kode tersebut, maka pesan "periksa" akan hilang dan listrik akan kembali menyala. Tidak susah bukan untuk mengatasi atau solusi periksa pada kwh meter listrik prabayar.
Judul: Solusi periksa pada KWH meter listrik prabayar; Ditulis oleh Mr. Shinto; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts:

0 Response to "Solusi periksa pada KWH meter listrik prabayar"

Posting Komentar

- -