Manfaat air kelapa muda untuk tubuh dan mitosnya

manfaat air kelapa muda untuk tubuh
Manfaat air kelapa muda untuk tubuh - Kita semua pastinya sudah tau atau minimal sudah pernah dengar khasiat air kelapa muda hijau? Selain untuk penghilang dahaga, manfaat air kelapa muda untuk tubuh tidak kalah dengan manfaat air putih. Kelapa atau dalam bahasa latinnya bernama Cocos Nucifera adalah salah satu jenis tanaman yang tergolong kedalam jenis pinang-pinangan dan pantai adalah tempat dimana kita sering menjumpainya.

Di masyarakat, air kelapa muda yang paling banyak dicari adalah air kelapa muda hijau yang lebih dipercaya khasiatnya untuk tubuh dibanding air kelapa muda biasa. Namun untuk kebenarannya masih perlu di cek lagi. Terlepas dari benar atau tidaknya pendapat tersebut, ada baiknya kita tahu perbedaan antara kelapa hijau dan kelapa biasa.

Ciri-ciri kelapa hijau

Kita mungkin sering menjumpai buah kelapa dengan warna kulit hijau. Namun ternyata yang dimaksud kelapa hijau bukanlah kelapa yang memiliki kulit berwarna hijau. Berikut ini merupakan cirri-ciri dari kelapa hijau :

1. Daun kelapa menyerupai daun pinang - berbeda dengan daun pohon kelapa pada umumnya yang seolah turun kebawah, daun pohon kelapa hijau cenderung kokoh dan mirip dengan daun pohon pinang. Setiap helai daunnyapun tidak rapi seperti pada pohon kelapa pada umumnya.

2. Serat kulit buah kelapa hijau berwarna kemerah-merahan – Bentuk buah kelapa hijau tidak berbeda jauh dengan buah kelapa pada umumnya. Perbedaan antara buah kelapa hijau dengan buah kelapa biasa terlihat jelas dari serat kulitnya. Pada buah kelapa biasa, warna serat kulit buah berwarna putih, sedangkan pada kulit kelapa hijau, warna serat kulit buah nya kemerah-merahan, malah cenderung berwarna pink.

Jadi kesimpulannya adalah, kelapa hijau bukan berarti kelapa dengan kulit berwarna hijau. Lalu, apa saja manfaat dari air kelapa muda? Air kelapa, khususnya air kelapa muda sudah lama dikenal sebagai minuman penghilang dahaga yang menyehatkan. Hal tersebut dikarenakan air kelapa yang terlindung oleh tempurung kelapa yang keras dan serabut kelapa yang tebal, membuat air kelapa menjadi minimal steril yang terhindar dari kontaminasi kuman maupun bakteri.

Berdasarkan sebuah penelitian, air kelapa mengandung 2,6% gula, 0,55% protein, 0,74% lemak, serta 0,46% mineral. Jenis gula yang terkandung didalamnya adalah glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Namun, ada beberapa jenis air kelapa yang mengandung gula hingga 3% pada kelapa yang sudah tua dan 5% pada kelapa yang masih muda. Karga beda jumlah kandungan gula itulah yang menyebabkan air kelapa muda lebih manis dibanding air kelapa yang sudah tua.

Selain kandungan tersebut diatas, didalam air kelapa juga terkandung asam amino dan vitamin. Sedangkan pada air kelapa muda juga mengandung fitokimia tannin yang bersifat antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan bakteri.

Mineral yang banyak tergandung didalam air kelapa adalah kalium dengan kandungan 730mg disetiap 100g air kelapa muda. Jumlah kandungan magnesium dan klorida didalam air kelapa juga lebih banyak dibanding dengan jumlah kandungan natrium. Perlu diketahui, minuman dengan komposisi kalium lebih tinggi dari kandungan natrium sangat baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, dengan kandungan kalium yang lebih banyak di banding natrium, membuat air kelapa sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, zat gizi yang terdapat pada air kelapa mendekati cairan isotonik yang sesuai dengan cairan tubuh. Dimana minuman isotonik berfungsi untuk mengganti mineral dalam tubuh yang hilang ketika kita berkeringat saat melakukan aktifitas seperti berolah raga atau kegiatan lainnya. Namun, mereka yang berolah raga perlu lebih hati-hati dalam mengkonsumsi air kelapa sebagai minimal elektrolit.

Mereka harus mengetahui jenis dan lamanya olah raga yang dilakukan. Jika yang dilakukan adalah jenis olahraga berat seperti melakukan aerobic selama 3 jam atau lebih tanpa henti, maka tubuh akan kehilangan sodium dalam jumlah besar. Hal tersebut tidak dapat diimbangi dengan hanya meminum air kelapa karena kandungan sodium dalam air kelapa hanya sedikit. Jika hal tersebut terjadi, tubuh akan kekurangan sodium yang akan berakibat otot tidak bisa berkontraksi dengan baik. Selain itu, jantung dan fungsi organ tubuh lainnya akan terganggu yang bisa mengakibatkan pingsan.

Namun, jika olah raga yang dilakukan tergolong olah raga yang ringan seperti jalan cepat selama 1 jam, mengkonsumsi air kelapa tidak jadi masalah dengan catatan, konsumsi air mineral pun tidak boleh diabaikan.

Dimasyarakat, ada kepercayaan tentang khasiat dari air kelapa, diantaranya adalah :

1. Membantu menurunkan berat badan
Kebanyakan orang salah mengartikan tentang khasiat air kelapa yang dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi air kelapa yang berlebihan, akan menyebabkan diare. Kita semua tahu, orang yang menderita diare akan kehilangan berat badan. Oleh sebab itulah banyak yang beranggap bahwa air kelapa dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, cara tersebut bukanlah cara yang tepat dan sehat untuk dapat menurutkan berat badan. Sebaliknya, air kelapa dapat dijadikan sebagai stimulant bagi mereka yang susah buang air besar karena dapat melancarkan saluran pencernaan.

2. Membantu system kekebalan tubuh
Tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa air kelapa dapat menjadikan system kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan membantu tubuh untuk melawan beberapa jenis virus maupun bakteri penyebab penyakit.

Satu-satunya cara untuk meningkatkan system kekebalan tubuh ialah zat gizi yang dapat diperoleh dari beragam makanan dengan gizi seimbang.

3. Bantu cegah batu ginjal
Untuk mencegah terjadinya batu ginjal adalah dengan cukup mengkonsumsi air atau cairan.cairan tersebut dapat diperoleh dari air kelapa, air mineral dan lainnya. Namun, perlu diingat. Air kelapa hanya membantu mencegah terbentuknya batu ginjal seperti fungsi air lainnya, bukan mengobati batu ginjal.

4. Penghilang rasa pusing akibat mabuk
Mabuk yang diakibatkan terlalu banyak mengkonsumsi alcohol harus segera dinetralkan. Adapaun caranya adalah minum air, baik air mineral ataupun air kelapa. Sebenarnya, untuk meredakan pusing akibat mabuk, sebaiknya mengkonsumsi air yang mengandung gula. Hal ini bertujuan agar gula dapat dengan cepat masuk kedalam pusat susunan saraf dan mengambil alih keterikatan tubuh pada alcohol. Dengan demikian, efek negative dari mabuk dapat dinetralkan.
Judul: Manfaat air kelapa muda untuk tubuh dan mitosnya; Ditulis oleh Mr. Shinto; Rating Blog: 5 dari 5

Related Posts:

0 Response to "Manfaat air kelapa muda untuk tubuh dan mitosnya"

Posting Komentar

- -